10 Karakter Tokoh Dalam Sitkom Bajaj Bajuri 2000-an

By | May 23, 2021

Bukan hanya menjadi salah satu sitkom paling populer di Indonesia, bajaj bajuri juga menjadi penanda atau kenangan indah masa awal tahun 2000-an.

Dalam sitkom ini, setiap pemain mempunyai karakter kuat yang melengkapi satu sama lain. Dengan tokoh utama keluarga bajuri, setiap scene menggambarkan kehidupan nyata dari masyarakat kalangan bawah di Indonesia.

Ini menjadi kisah yang seru, lucu sekaligus kritik halus bagi para pejabat pemerintah yang kadang lupa dengan orang-orang yang telah memilihnya.

Adapun, tokoh-tokoh dalam sitkom ini diantaranya adalah artis yang sudah malang melintang sebelumnya seperti Mat Solar, Rieke Diah Pitaloka, Nanny Wijaya dan Fanny Fadilah sedangkan beberapa pemain pendukung didapatkan dari casting oleh pihak produser.

1.Bajuri

Bajuri diperankan oleh Mat Solar, menjadi tokoh utama dalam cerita ini, beliau bekerja sebagai supir bajaj yang harus menghadapi masalah masalah dari mertuanya, terutama dalam hal ekonomi.

Bajuri mempunyai karakter keras, mudah marah, gampang tersinggung dan omongan yang meledak ledak khas Betawi.

Beliau harus bersabar menghadapi Istrinya yang OON dan juga emak yang terus menuntutnya untuk mendapat Uang yang lebih banyak.

2. Oneng

Oneng adalah Istri Bajuri, ia diperankan oleh Rieke Diah Pitaloka, karakter satu ini selalu membuat penonton tertawa dengan keluguan dan kepolosan tingkahnya.

Oneng adalah sentra utama dalam film ini. Sitkom ini sepertinya akan sulit berkembang tanpa kehadiran tokoh satu ini. Tokoh ini tak pernah absen dalam setiap episode. Sedangkan karakter lain terkadang hilang.

Namun, tanpa kehadiran mereka, misalnya ketika bajuri edisi salon oneng ketika bajuri ditiadakan. Sitkom tetap hidup dengan scene yang lebih sering di rumah oneng.

4. Emak

Emak adalah tokoh yang banyak dibenci, licik, pengen menang sendiri, pelit, suka meres orang dan terobsesi dengan harta dunia.

Emak adalah karakter protagonis yang menggambarkan segala keburukan yang ada dalam seorang mertua jahat. Karakter ini sangat cocok karena selalu berdampingan dengan Oneng yang lugu dan kadang gak nyambung.

5. Ucup

Sebagai jebolan Lupus, dalam sitkom ini ucup memerankan sosok yang selalu tertindas, miskin, sering disuruh suruh dan sering merepotkan para tetangganya.

Bukan hanya itu, ia juga digambarkan sebagai orang yang malas. Jadi tak heran jika kesialan selalu menimpanya.

Dalam keseharian ucup ngojek menggunakan motor yang disewa dari Pak haji. Di pangkalan ada beberapa karakter lain seperti misalnya Mang Jajang dan juga Mamat.

 

6. Hindun

Menjadi rival emak dalam kehidupan sosial. Mpok Hindun memiliki karakter khas masyarakat kaum bawah. Suka pamer walaupun sebetulnya ekonomi kekurangan.

Hindun adalah tokoh tua-tua ganjen. Dia sering berselisih dan sering dijadikan bahan jail emak.

 

7. Mpo Minah & Mpo Leha

Mpo leha adalah penjual gorengan yang ada di sitkom ini. Warung ini sering ditongkrongi warga sambil santai santai minum kopi.

Adapun, pok leha yang terkenal dengan logatnya “Maaf” sebelum berbicara adalah seorang janda yang mempunyai anak bernama Sahili. Mpo leha adalah koki di sitkom bajuri.

8. Said

Sebagai orang yang dijuliki 1001 paman. Said memiliki karakter pebisnis, segala hal yang bisa membuat uang dia objekan. Said adalah teman sekaligus tetangga Ucup.

Dalam kehidupannya, kedua tokoh ini tidak pernah akur dan kadang berkelahi karena suatu hal.

9. Pak RT, Pak Haji, Pak Yanto

Kendati ketiganya tidak terlalu sering muncul dalam setiap scene. Namun mereka adalah pamong-pamong desa yang mengayomi masyarakatnya.

Pak RT dikenal sebagai orang yang sering nilep uang, Pak Haji dikenal sebagai orang kaya dan cukup di hormati. Sedangkan pak yanto adalah supir yang kerjaannya main dengan wanita malam.

 

10. Mila & Nur

Karakter pelengkap yang membuat sitkom ini terasa lebih fresh adalah Mila dan Nur. Kedua tokoh ini adalah mahasiswi, namun memiliki 2 kepribadian berbeda. Mila digambarkan sebagai wanita yang ganjen, mata duitan, sering ganti ganti cowok.

Sedangkan Nur digambarkan sebagai tokoh yang baik, santai, pintar dan menjadi teman sekaligus pelanggan dari Oneng.

Demikian penggambaran mengenai artis aktris yang ada dalam situasi komedi bajaj bajuri yang tayang di Trans TV dan juga sempat di SCTV.

Bagaimanapun, tayangan ini tak lekang disentuh jaman. Sekarang kita dapat menyaksikan tayangannya lewat streaming di akun youtube ataupun channel channel resmi dari transcorp media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *